SABBE SATTA BHAVANTU SUKKHITATA SEMOGA SEMUA MAKHLUK HIDUP BERBAHAGIA

Rabu, 01 Juli 2020

Cara Menghormat dalam Agama Buddha

Pradaksina

    Pradaksina, sebagai salah satu aktivitas puja bakti dalam agama Buddha, adalah sikap untuk mempersiapkan batin dengan cara berjalan berkeliling searah jarum jam dari Timur ke Barat sebanyak tiga kali. Dalam pelaksanaannya, ada dua macam aktivitas pradaksina berdasarkan aliran dalam agama Buddha, yaitu menurut tradisi Theravada yang mengutamakan makna penghormatan dan tradisi Mahayana yang mengutamakan makna meditasi. Bangunan stupa sebagai salah satu sarana puja bakti dalam agama Buddha merupakan wadah untuk menampung aktivitas puja bakti, dalam konteks ini adalah pradaksina.

    Selain sebagai wadah untuk menampung aktivitas, stupa juga berfungsi sebagi objek penghormatan itu sendiri dalam pelaksanaan puja bakti. Pada dasarnya, stupa adalah monumen yang didirikan untuk menyimpan relik atau abu dari seorang suci setelah beliau meninggal dan dikremasi. Pada perkembangan selanjutnya, stupa sebagai arsitektur religius agama Buddha awal, menjadi pengganti image Buddha Parinibbana yang kemudian merebak ke seluruh dunia dengan bentuk arsitektur awal sebagai komposisi dari jubah, mangkuk, dan tongkat Sang Buddha.

Contoh gambar para Bhikku berpradaksina




0 comments:

Posting Komentar

Modul Ajar Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

      Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul a...

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Pak Bud Saran dan Kritik Yang Sifatnya Membangun Sangat Kami Butuhkan