SABBE SATTA BHAVANTU SUKKHITATA SEMOGA SEMUA MAKHLUK HIDUP BERBAHAGIA

Rabu, 01 Juli 2020

Simbol-Simbol Agama Buddha

Pengertian Simbol Agama Buddha

Di dalam Agama Buddha dikenal berbagai macam simbol. Simbol-simbol ini melambangkan dan mengingatkan kita akan ajaran-ajaran Sang Buddha, guru agung junjungan kita. Selain sebagai perlambangan atas ajaran-ajaran Sang Buddha, simbol-simbol tersebut juga digunakan untuk merepresentasikan Sang Buddha sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan kita dan sebagai wujud penghormatan umat Buddha, kepada Sang Buddha yang telah mengajarkan Dharma.

Macam Macam Simbol Agama Buddha

1. Buddha Rupang

Sang Buddha adalah seorang manusia yang telah mencapai penerangan sempurna atau telah tercerahkan sepenuhnya. Walaupun Beliau telah meninggal dunia, namun ajaranya masih bermanfaat bagi orang-orang, contoh-contohnya masih menginspirasikan banyak orang dan kata-kata bijaknya juga masih mengubah kehidupan orang banyak. Oleh karena itu, merupakan suatu hal yang wajar bila kita memuja rupang (patung) Sang Buddha, dengan cara menunjukan bentuk penghormatan dan pemujaan atas kekaguman kita pada Sang Buddha. Seperti ketika seorang guru yang masuk ke dalam ruangan dan murid-murid berdiri, ketika kita bertemu dengan orang yang terkemuka dan kita segera menjabat tangannya, ketika lagu kebangsaan dikumandangkan dan kita berdiri memberi hormat. Pemujaan seperti inilah yang dilakukan seorang umat Buddha, yakni dengan melaksanakan ajaran-ajaran Buddha seperti berusaha tidak menyakiti makhluk hidup, menghindari mencuri, melatih kejujuran dengan tidak berbohong, dan lain sebagainya; bukan meminta kekayaan, kesehatan, dan sebagainya yang jelas tidak mungkin karena patung tidak bisa memberi kekayaan atau kesehatan. Rupang Buddha dengan tangan yang diletakkan dengan lembut diatas pangkuannya dan senyuman cinta kasihnya mengingatkan kita untuk berusaha mengembangkan kedamaian dan cinta diantara kita. Ketika kita membungkuk padanya, kita menunjukkan apa yang kita rasakan di dalam diri kita sendiri; yaitu penghargaan pada Sang Buddha atas ajaran yang telah diberikan pada kita.

Contoh Buddharupang Tian Tan di Pulau Lantau, Hong Kong


0 comments:

Posting Komentar

Modul Ajar Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti

      Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul a...

Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Pak Bud Saran dan Kritik Yang Sifatnya Membangun Sangat Kami Butuhkan